Sabtu, 24 Maret 2012

Kata kerja/Verbs dalam bahasa Inggris

Hmmmmmmmmmm Kata kerja! Apa sih verbs atau kata kerja itu? susah ya belajar bahasa Inggris  heheeh banyak bener istilah-istilah yang harus dipahami. Jangan bingung-bingung, berikut penjelasannya.
Kata Kerja adalah bagian inti dari Tenses Bahasa Inggris. Kata kerja atau Verb pada rumus-rumus Tenses di blog ini, Kata kerja atau Verb ini sering saya singkat V saja. Jadi kalau V+ing artinya sama dengan Verb+ing, sering juga saya tulis sebagai “Ving” saja agar mudah.

Kata kerja dalam bahasa Inggris ada banyak bentuknya: V1, V2, V3, Ving.
Kata Kerja bentuk 1 atau saya singkat V1, yaitu kata kerja dasar, seperti: drink, go, write, read, participate, learn, study, dan sebagainya. Ada kata kerja bentuk ke 2, sering saya singkat V2. Kata kerja bentuk 3 ya V3. Serta Kata Kerja bentuk ING atau saya singkat Ving. Bagaimana cara menggunakan bentuk-bentuk kata kerja tersebut? Ada di masing-masing pelajaran Tenses Bahasa Inggris.
Perubahan Bentuk Kata Kerja

Perubahan bentuk Kata Kerja bentuk 1 (V1) ke bentuk kedua (V2) dan bentuk ke 3 (V2) ada yang beraturan (ada rumusnya) dan ada juga yang tidak beraturan (tidak ada rumusnya). Wah memamg inilah yang membuat bahasa Inggris ini menjadi rumit bagi kita orang Indonesia, haha.
Kata Kerja Beraturan (Regular Verb):

Artinya ya mempunyai keteraturan bentuknya, ada rumusnya misalnya ditambah “D” atau “ED” seperti: live – lived – lived, play, played, played.

Walaupun ada aturannya tetapi aturan perubahan tersebut masih ada beberapa. Daftar kata kerja beraturan ini pun panjang sekali. Saya sarankan Anda mempunyai buku Grammar Bahasa Inggris walaupun yang kecil dan sederhana, biasanya ada di sana. Memang Anda mau menulsinya disini satu per satu?.
Kata Kerja TIDAK Beraturan (Irregular Verb):
Misalnya kata kerja “drink” berturut-turut untuk bentuk ke 1 sampai 3: drink-drank-drunk. Satu contoh lain lagi: break-broke-broken
Masih ingat V1, V2, V3 dan Ving? Jangan lupa apa itu artinya ya, karena akan sering dipergunakan dalam setiap tenses bahasa inggris
Sebuah kata kerja (verb) sering didefinisikan sebagai kata yang menunjukkan tindakan yang dilakukan subyek atau keadaan sekarang. Kata kerja adalah jantung dari kalimat – setiap kalimat harus memiliki kata kerja. Mengenali kata kerja sering merupakan langkah yang paling penting dalam memahami arti dari suatu kalimat. Tidak seperti kebanyakan dari parts of speech lainnya, kata kerja berubah-ubah bentuknya.
sebenarnya ada bermacam-macam verb, tetapi agar tidak terlalu panjang, maka akan dibahas kata kerja pokok saja. yaitu :
1. Finitive Verb (kata kerja biasa)
2. auxiliary Verb (Kata Kerja Bantu)
3. Lingking Verb
4. transitive Verb
5. Intransitive verb
6. regular and Irregular Verb

beberapa contoh kata kerja dalam kalimat bahasa inggris
- Teguh Studies English twice a week. (Teguh belajar bahasa inggris dua kali seminggu)
- She is a scretary (dia seorang sekretaris)
- Mr. Teguh comes from Indonesia (Mr. Teguh berasal dari Indonesia)
- they are happy (mereka senang)
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa  sebagai predikat, kecuali pada simple present tense dan simple past tense, tensis lainnya menggunakan verbs yang ditambahi auxiliary. Inilah yang disebut dengan verb phrase. Untuk itu, hafalkan pola-pola tensis dalam kaitannya dengan penggunaan verbs. Nah... gimana sudah paham belum, begitu banyak macam jenis verbs dalam bahasa Inggris, dan merekapun harus dipahami agar kita dapat memahami tenses dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar