Sabtu, 24 Maret 2012

Nouns/Kata Benda

Halo teman-teman, Pada lagi ngapain? hehehe kalau saya malam ini gak ada kerjaan, gak tau mau ngapain, jaid akhirnya dari pada hanya bengong lebih baik posting di blog ini. Materi kali ini judulnya nouns atau kata benda. Banyak loh jenis-jenis kata benda dalam bahasa Inggris itu. Dalam bahasa Inggris ada banyak jenis kata benda. Berikut ini penjelasannya:
CONCRETE NOUNS, atau dalam bahasa indonesia disebut kata benda konkret, maksudnya adalah benda-benda yang dapat dilihat, dapat diraba. Contohnya: meja (table), kursi (chair), phone, computer, dan sebagainya.

Yang kedua adalah ABSTRACT NOUNS atau kata benda abstrak. Yaitu kata benda juga, namun tidak bisa diraba dan dilihat alias tak berwujud. Contohnya: freedom (kemerdekaan, kebebasan), happiness (kebahagiaan), education (pendidikan), competition (persaingan), action (tindakan), dan sebagainya. Tentu saja, bukan hanya dalam bahasa inggris ada kata benda abstrak tetapi juga dalam bahasa Indonesia, mungkin kita jarang mempelajarinya. Dengan pengetahuan ini, nanti kita akan bisa membuat suatu kalimat dengan subject abstract noun seperti: Action speaks louder than words.

Poper Nouns adalah kata benda tentang nama tertentu, dan diawali dengan huruf besar, seperti nama orang, nama kota, nama negara, universitas, nama gedung, nama toko, nama perusahaan, dan sebagainya. Contohnya: Joko, Mufli, John Lennon, Tokyo, Grand Hyatt, White House.
Common Nouns, atau kata benda umum yaitu kata benda yang sangat umum, seperti: football (sepak bola), student (pelajar, murid), village (desa), dan sebagainya.
Material Nouns, atau kata benda material, yaitu tentang kata benda yang berasal dari sumber alam atau merupakan materi lainnya, seperti gold (emas), silver (perak), plant (tanaman), iron (besi), dan sebagainya.
Yang terakhir Collective Nouns atau kata benda kolektif. Tentu saja artinya kata benda yang mengandung arti kumpulan, koleksi atau yang mengandung arti majemuk. Contohnya: committee (komite, panitia), group (kelompok orang), class (kelompok murid atau siswa), audience (hadirin, penonton, majelis).
Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi jenis-jenis kata benda. yaitu:
 - Kata benda yang bisa dihitung (countable noun):
a. Kata benda Tunggal (singular noun)
Contoh:
book (buku) camel (unta)
girl (gadis) foot (kaki)
b. Kata benda jamak (plural noun)
Contoh:
books (buku-buku) camels (unta-unta)
girls (gadis-gadis) feet (kaki)
-Kata benda yang tak dapat dihitung (uncountable noun)
Contoh:
sugar (gula)
money (uang)
Selain countable nouns dan uncountable noun ada juga collective noun. Collective noun adalah kata benda yang berbentuk tunggal tetapi maknanya jamak. Beberapa tergantung fungsinya dalam kalimat. Kata benda dapat dianggap jamak atau tunggal.
Contoh :
jury : juri
team : tim
class : kelas
committee : panitia
Dalam pembentukan frase benda, article dan determiner (kata sifat yang menyatakan jumlah) harus sesuai dengan jenis kata benda tertentu.
Contoh:
every boys (salah) → every boy (betul)
some butterfly (salah)→ some butterflies (betul)
many sugar (salah) → much sugar (betul)
Dalam penyusunan kalimat, jenis kata benda akan menentukan:
a. bentuk “to be” dalam kalimat nominal :
Contoh;
A dragonfly is an insect. (Capung adalah serangga.)
Dragonflies are insects. (Capung adalah serangga.)
b. bentuk frase benda sesudah “to be” dalam kalimat nominal
A bat is a warm-blooded animal. (Kelelawar adalah hewan berdarah panas.)
Sekian dulu penjelasan saya mengenai nouns atau kata-kata benda. Untunk penjelasan detail mengenai singular nouns, plural nouns, countable dan uncountable nouns baca di Belajar Bahasa Inggris Online


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar